You are currently viewing Praz Teguh Sempat Ditahan di Imigrasi Thailand, Diduga Jadi Korban Rasisme

Praz Teguh Sempat Ditahan di Imigrasi Thailand, Diduga Jadi Korban Rasisme

Praz Teguh cerita pengalamannya saat ditahan di imigrasi Thailand saat ingin berlibur.

Exactnetworthe.com, Jakarta Praz Teguh punya pengalaman tak menyenangkan saat hendak berlibur ke Bangkok, Thailand, bersama teman-teman komika, salah satunya adalah Arif. Setibanya di bandara, mereka ditahan oleh pihak imigrasi Thailand.

“Gue ditahan sama orang imigrasi, pas keluar pesawat dipisah-pisahin. Ada yang ditanya-tanya, ada yang enggak. Cuma waktu itu gue foto-foto tuh. Kayaknya orang-orang kaya di Indonesia, foto sekeluarga sama gue… dibiarin keluar,” ucap Praz Teguh di YouTube Tuah Kreasi dikutip pada Sabtu (6/7/2024).

“Nah yang buluk-buluk kayak gue ditahan tuh. ‘You you come here’, marah dia (bicara pakai bahasa Thailand), terus, ‘sit down’, diomelin, dia ngomong pakai bahasa Inggris. ‘Ngomong apa ini orang?’ Akhirnya lolos karena dia nanya ‘lo bawa duit enggak’,” sambung ujar Praz Teguh.

Pernyataan ini membuat orang tentu bertanya-tanya, apakah Praz Teguh ditahan di imigrasi karena disangka tidak memiliki uang? “Enggak tahu, gue sedih banget ditanyain ada duit enggak? ‘You have money?‘,” ucap komika berusia 33 tahun ini.

Kenapa Orang Ganteng Dibiarkan Lolos?

Praz Teguh juga sempat berdebat dengan para petugas. Dia mempertanyakan mengapa ada orang-orang yang dibiarkan keluar imigrasi dengan mulus, tapi mengapa ada juga yang ditahan dan diinterogasi seperti dirinya.

“Dia mau cek, gue bilang kenapa lo random check? Kenapa nggak semuanya (dicek), itu tadi orang ganteng dibiarin? Terus kata dia, ‘Terserah saya’,” ujar ayah dua anak ini.

Merasa Jadi Korban Rasisme

Mereka kemudian dibawa masuk ke sebuah ruangan. Saat itu, Praz Teguh merasa sedang menjadi korban rasisme. “Iya gue ngerasa ini rasis banget menurut gue, dengan tampang gue begini terus yang ganteng-ganteng dibiarin. Saat itu banyak juga pekerja-pekerja di situ yang ditahan, gaduh banget,” jelas Praz teguh.

Petugas kembali bertanya apakah mereka memiliki uang untuk berlibur di Thailand. Ini mengacu para peraturan membawa uang cash bagi turis yang hendak masuk Thailand. 

Lolos Setelah Memperlihatkan Uang Cash

“Ditanya lagi punya uang nggak? Di Thailand kan ada aturan kalau mau masuk harus punya cash berapa bhat gitu, 10 ribu bhat. Yang bawa Praz yang sudah disuruh keluar. Terus ada orang yang kenal di situ kenal kita, mau bantuin kita, terus dibilang kalau Praz itu YouTuber, kita kasih lihat semua kontennya pada kaget semua,” jelas Arief.

Setelah ditunjukkan uang yang sangat banyak, mereka pun diloloskan. “Keluarin segepok, banyak, kan harus bawa cash katanya. ‘Oke’ katanya (petugas Imigrasi)” kata Praz Teguh.

Leave a Reply